Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Kategorisasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Pengguna Wifi Indihome

Qodrat Kiswara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui kualitas pelayanan paling dominan yang mempengaruhi terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik data mining Algoritma C4.5. Sumber data penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan observasi dan membagikan kuisioner kepada para pelanggan P.T Telkom Kota Pematangsiantar . Pada kasus ini peneliti menggunakan atribut penilaian yaitu kualitas pelayanan, aksebilitas, dan kualitas produk. Penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi dan masukan kepada pihak P.T Telkom Indihome berupa evaluasi dalam meningkatkan kualitas pada jaringan.


References


Bayu Febriyanto, D., Handoko, L., & Aisyah, H. (2018). Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pembeli Online Shop. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(6), 569–575. http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom%7CPage%7C569

Mardi, Y. (2017). Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5. Edik Informatika, 2(2), 213–219. https://doi.org/10.22202/ei.2016.v2i2.1465

Wasilah, N. M. (2013). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode C4.5 (Vol. 5).

Mashlahah, S. (2013). Prediksi Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Metode Decision Tree Dengan Penerapan Algoritma C4.5.

Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0