Implemetnasi Metode Fuzzy Associative Memory Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelayanan Di Perpustakaan

Suardi Yakub(1*), A Azanuddin(2), Jaka Prayudha(3),

(1) Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma
(2) Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma
(3) Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma
(*) Corresponding Author

Abstract


Creating satisfaction with the library is certainly not easy, librarians must be able to provide quality services, both directly and indirectly to students, good service can certainly be of more value than librarians to students. less friendly in serving users who need information. For this reason, a Decision Support System that applies Fuzzy Associate Memory was developed to determine the level of satisfaction of library services at STMIK Triguna Dharma. In general, Decision Support Systems are computer-based information systems, including knowledge-based systems that can be used in making decisions in organizations or companies. The level of user satisfaction makes it easy for STMIK Triguna Dharma in evaluating the extent to which the quality they provide in the library is related to data on library facilities, services, and convenience. is quite satisfying.

Full Text:

PDF

References


Arwan Ahmad Khoiruddin, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Calon Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Dengan Metode Fuzzy Assosiative Memory”,Universitas Islam Indonesia,PP.1907-5022,2008.

Kusumadewi, Sri. (Maret 2016). Implementasi Logika Fuzzy Tahani Untuk Model Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. Vol XII (1).

Ramenusa, O. 2013. Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT.DGS Manado. Jurnal EMBA 1(3).1193-1202.

Rohayani, Hetty. (April 2013). Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy. Jurnal Sistem Informasi. Vol 5 (1). Hal 535.

Magdalena, Hilyah. (Maret 2012). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mahasiswa Lulusan Terbaik Studi Kasus STMIK Atma Luhur Pangkalpinang. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol 1 (2). Hal 50.

Harto, Budi. 2015. “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Servqual Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan”. Padang. Jurnal Tekno IF. Vol. 3 No. 1 April 2015.

Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi. Yogyakarta, 2007.

Samosir, Zurni Zahara. 2004. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dalam Menggunakan Perpustakaan USU Medan. Tesis. Universitas Sumatera utara.

Riyanto, Agus, dkk. 2004.“Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Perpustakaan Pascasarjana Universitas Gadjahmada Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol. II No. 1.

A. S Rosa dan Shalahuddin M., Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Informatik. Bandung, 2018.

M. T. Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” vol. 03, no. 01, pp. 126–129, 2018.

A. S Rosa dan Shalahuddin M., Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Informatik. Bandung, 2018.

R. Nuraini, “Desain algorithma operasi perkalian matriks menggunakan metode flowchart,” vol. 1, no. 1, pp. 144–151.

F. Wongso, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Java,” vol. 12, no. 1, pp. 46–60, 2015.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),” J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

R. Supardi and M. Herfianti, “Aplikasi Dalam Memprediksi Tingkat Kinerja Guru Sma Negeri 2 Kabupaten Bengkulu Tengah,” vol. 3, no. 1, pp. 1–5.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),” J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

A. Nahlah*, “Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Ms Access pada Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ujung Pandang Ms Access Based Library Information System on Business,” vol. IV, no. 2, pp. 175–195, 2015.

W. Latif, Fauziah;Pratama, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Elektronik,” vol. 3, no. 1, pp. 21–31, 2015.

Zulhalim, “Aplikasi Surat Perjalanan Dinas Dalam Negeri Menggunakan Visual Basic . NeT , POSTGRESQL DAN,” vol. 2, no. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/jurasik.v7i1.416

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30645/jurasik.v7i1.416.g393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika)
Published Papers Indexed/Abstracted By:

Jumlah Kunjungan : View My Stats