Implementasi Chatbot Berbasis Dialogflow dengan Metode Natural Language Processing untuk Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Kulonprogo
(1) Universitas Stikubank Semarang, Indonesia
(2) Universitas Stikubank Semarang, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Nadzif, M.A., Saefurrohman, and Soelistijadi, R., “Penggunaan Teknologi Natural Language Processing dalam Sistem Chatbot untuk Peningkatan Layanan Informasi Administrasi Publik”, Indonesian Journal of Computer Science, Vol. 13, No. 1, pp. 1227-1242, 2024.
Putra, G.A., Taniady, V., and Halmadiningrat, I.M., “Tantangan Hukum: Keakuratan Informasi Layanan AI Chatbot Dan Pelindungan Hukum Terhadap Penggunanya”, Jurnal Rechts Vinding, Vol. 12, No. 2, pp. 281-299, 2023.
Nila, E., and Afrianto, I., “Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Informasi Objek Wisata Kota Bandung Dengan Pendekatan Natural Language Processing”, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. 4, No. 1, pp. 49-54, 2015.
Delamartha, A., Yudana, G., and Rini, E.F., “Kesiapan Aksesibilitas Wisata Dalam Mengintegrasikan Obyek Wisata (Studi Kasus: Karanganyar Bagian Timur)”, Jurnal Plano Buana, Vol. 1, No. 2, pp. 78-91, 2021, doi: 10.36456/jpb.v1i2.3229.
Villasari, S., and Wibowo, J.S., “Sistem Informasi Wisata Kab. Semarang melalui Chatbot dengan Framework Rasa”, JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), Vol. 9, No. 1, pp. 208-215, 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i1.4453.
Ernawati, Y., Ririn, R., and Muchti, A., “Telegram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia”, Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, Vol. 15, No. 2, pp. 171-180, 2022, doi: 10.33557/jedukasi.v15i2.2138.
Wulandari, D., and Wibowo, J.S., “Implementasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa Untuk Layanan Informasi Objek Wisata Di Kabupaten Pemalang”, Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), Vol. 6, No. 2, pp. 123-129, 2023.
Salisah, T., Sari, B.P., Yulianto, Y., and Hartanto, A.D., “Implementasi Algoritma Boyer-Moore Pada Chatbot Wisata Yogyakarta”, Technomedia Journal, Vol. 5, No. 1, pp. 54-66, 2020, doi: 10.33050/tmj.v5i1.1189.
Suryani, D., and Amalia, E.L., “Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML”, Smartics Journal, Vol. 3, No. 2, pp. 47-54, 2017.
Mahfud, N., Sari, O.R., Salsabila, A., Ariyati, I., and Herlinawati, N., “Perancangan Sistem Manajemen Perencanaan Event Berbasis Website dengan Evaluasi Usability Testing”, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), Vol. 8, No. 6, pp. 12767-12773, 2024.
Tungadi, E., “Sistem Evaluasi Umpan Balik (EUB) Perkuliahan Berbasis ChatBot”, Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif, Vol. 9, No. 1, pp. 345-350, 2023.
Y. D. Wijaya and M. W. Astuti., “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions”, Jurnal Digital Teknologi Informasi, Vol. 4, No. 1, pp. 22, 2021, doi: 10.32502/digital.v4i1.3163.
DOI: http://dx.doi.org/10.30645/jurasik.v10i1.878
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30645/jurasik.v10i1.878.g853
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika)
Published Papers Indexed/Abstracted By: